«

»

Jan 24

ROJABIYAH PPRQ – NGAJUM 2018

PPRQ NGAJUM – Haflatul imtihan merupakan salah satu budaya yang dilakukan oleh pondok pesantren di seluruh Indonesia. Tradisi ini biasanya dilakukan diakhir pelajaran menyambut bulan Rojab  agar ilmunya tambah manfaat dan barokah.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia pelaksana Ustadz Yazid Bustomi asal Bayuwangi  pada waktu rapat pembentukan panitia di asrama ponpes riyadlul qur’an putra, Selasa (19/1/2018) malam.

“Untuk Pondok Pesantren Riyadlul Qur’an menggunakan bulan Rojab . Sebenarnya intinya sama dengan haflatul imtihan yang biasa dilakukan oleh pondok pesantren yang lainnya, khususnya yang ada di Kabupaten Malang,” katanya.

Beliau juga menegasan bahwa latar belakang Pondok Pesantren riyadlul qur’an ini adalah tidak melihat suku, dan warna kulit beliau juga minta dukungan dan kerjasamanya baik kepada semua santri maupun tokoh dan masyarakat sekitar karna tanpa dukungan dan kerjasama tersebut suatu acara tidak akan berjalan dengan masimal. pungkasnya.

syukur alhamdulilah rojabiyah atau imtihan pondok pesantren riyadlul qur’an desa ngasem kecamatan ngajum untuk tahun ini  akan dilaksanakan mulai hari kamis sampai hari sabtu sedang acara puncaknya yaitu pada hari sabtu tanggal 14 april 2018 dan yang akan diwisuda untuk khomil qur’an bilkhidzi (khufadz) putra 7 santri dan putri 3 santri, wisuda khataman binnadri 15 santri serta wisuda taman pendidikan al quran sebanyak 12 santri, kegiatan tersebut jika dihitung mulai ujian akhir santri atau tes calon wisudan dan wisudawati insya allah akan berlangsung selama 1 minggu lebih karena waktu santri tes atau ujian akhir santri dituntut harus siap membaca hafalannya mulai awal sampai akhir yaitu 30 juz tanpa melihat dan akan disimak dengan para santri lainnya dan itu membutuhkan waKtu tidak sedikit.

Dan diacara puncaknya insya alloh akan dihadiri oleh Dr. KH. A. Musta’in Syafi’i, M.Ag. dari jombang, KH. MU’TASIMBILLAH dari Jogjakarta untuk putri Ibu Nyai Hj. Abidah dari pasuruan, serta akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan tradional, bazzar islamic, kirab budaya, haul umum, khitan masal, dan pertemuan alumni pprq baik putra maupun putri, Rojabiyah ini dihadiri oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat, kepala perangkat daerah dan camat di lingkungan Kabupaten Malang. (andk/prj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>